Custom Rom atau Stock Rom?

Sore kawan🙂 kemaren-kemaren kan aku udah posting tuh masalah custom rom & aplikasi android. Cuman, pasti banyak yang galau kan? Ngaku😀 Ini nih masalah yang paling sering dipertanyakan “Mau pasang custom rom atau tetep ke stock rom ya?”. Mau tau jawabannya?🙂 Silahkan baca post ini ya..

Pertanyaan tersebut emang sering kali muncul, dan lumayan bikin dilema kan? Ga usah bingung kawan. Aku ada solusinya kok, so tenang aja.

Pertama tama, kalian harus tau plus minusnya Stock Rom & Custom Rom.

Oke, kita mulai dengan Stock Rom, Rom bawaan HH kalian adalah Rom yang paling stable karena uda melewati percobaan selama sekian tahun. Dan rom yang diakui keabsahannya. Tapi, kelemahan Stock Rom adalah dia terlalu standar dari segi visual (penampilan) ; aplikasi bawaan cuma sedikit (dan kalo pengen ngoprek (mengcustom) kita harus melakukan rooting). Sedangkan Custom Rom adalah rom modifikasi dari stock rom. Keuntungan dari rom custom ini adalah banyak aplikasi yang dibawa (Kenapa untung banyak aplikasi bawaan? Karena semakin banyak aplikasi bawaan, maka kita ga perlu pasang aplikasi lain. Jadi internal kita lowong) ; lebih ga nge-lag & lebih cepet dari stock rom, karena kernel, CPU speed, dll sudah di tweak sama rom custom tadi (untuk poin ini hanya berlaku bagi beberapa custom rom saja) ; dan tentu saja visual lebih ciamik dari stock rom. Tapi kelemahannya adalah karena rom modifikasi jadi yang mencoba hanya user yang instal custom rom itu sendiri, maka dari itu custom rom punya banyak bugs, un-stable, dan eror disana sini.

Yang terakhir, keperluan kalian apa terhadap android kalian. Kalau kalian hanya butuh buat sosmed, telpon & sms, ya mending ga usah macem-macem dan uda cukup dengan stock rom. Tapi kalo kalian cinta visualisasi & pengen HH kalian terlihat cantik dan juga hobi main game, ya aku saranin sih mending meng-custom rom kamu.

Sekian ya dari aku, moga posting ini bisa menghilangkan kegalauan kalian🙂 hehehe… See ya kawan😀

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Kicauan anda disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s