Diet Rendah Kolesterol

Hola buddy🙂 kali ini aku pengen bagiin tips diet sehat & rendah kolesterol kawan. Coz aku udah mencium bau bau pola hidup ga sehat nih dikalangan pemuda pemudi Indonesia😯 khususnya bagi temen-temen yang hobi kongkow malem-malem di sevel, cafe, bar, hingga warteg😆. Thats it❗ Pola Hidup Ga Sehat.. Gimana generasi penerus bangsa kalau para pemudanya ga sehat gini? Hobi begadang, keluyuran malem, ngerokok, drunk, paling anti diajakin gowes atau sekadar olahraga barang sejam doang😡 *ngamuk*.

Nah, kalo perut udah mulai bengkak, dan badan makin berat buat digerakin baru deh ribut mau diet😆, nah bagi kalian yang mau nerapin hidup sehat atau yang lagi pengen diet rendah kolesterol, jangan bingung aku udah siapin solusinya nih🙂 Ini tips aku dapet pas aku lagimedical checkup di Jakarta Eye Centre di Menteng, so ga meragukan deh kawan coz aku dapet tips ini dari rumah sakit yang ga hanya “membetulkan” mata tapi juga untuk perawatan alias kecantikan🙂

FYI nih gan, Kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood). Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Dari hati, kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang bernama LDL (Low Density Lipoprotein) untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan, termasuk ke sel otot jantung, otak dan lain-lain agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kelebihan kolesterol akan diangkut kembali oleh lipoprotein yang disebut HDL (High Density Lipoprotein) untuk dibawa kembali ke hati yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam (cairan) empedu. LDL mengandung lebih banyak lemak daripada HDL sehingga ia akan mengambang di dalam darah. Protein utama yang membentuk LDL adalah Apo-B (apolipoprotein-B). LDL dianggap sebagai lemak yang “jahat” karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah. Sebaliknya, HDL disebut sebagai lemak yang “baik” karena dalam operasinya ia membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. Protein utama yang membentuk HDL adalah Apo-A (apolipoprotein). HDL ini mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan tinggi sehingga lebih berat. Nah penyebab kolesterol adalah konsumsi makanan yang tinggi lemak dan sumber kolesterol (seperti makanan berminyak, bersantan, makanan fast food) , alkohol dan gula yang berlebihan – dikutip dari http://www.farmasiku.com/index.php?target=categories&category_id=194&page=1. Kolesterol yang tinggi sangat merugikan terutama menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Diet rendah kolesterol dan olahraga sangatlah penting untuk upaya penurunan ini, agar diketahui kolesterol adalah salah satu faktor resiko timbulnya serangan jantung dan stroke. (sengaja aku bold, biar kalian bisa tau sebahaya apa sih kolesterol itu:mrgreen:

Okeh, cekidot gan😀

Bahan makanan yang boleh diberikan

Bahan makanan yang tidak boleh diberikan

Sumber Hidrat Arang

Beras, bulgur, ubi, singkong, mie, bihun, roti, biskuit, sagu, dalam jumlah yang telah ditentukan : gula pasir maksimum 25gr per hari.

Kue – kue yang manis, dodol, coklat, gula – gula, manisan.

Sumber Protein

Daging sapi, daging ayam, daging bebek, maksimum 100gr perhari : telur ayam 2 butir perminggu sebagai pengganti daging, ikan, susu skim SGM.

Hati, limpa, otak, ginjal, jantung, daging babi seperti hamburger, sosis, dsb; daging kambing dan domba : susu penuh (whole milk), keju.

Sumber Protein Nabati

Semua

Sumber Lemak

Minyak biji bungs matahari, minyak kacang, minyak kedelai, minyak jagung, dalam jumlah terbatas.

Mentega, margarin, minyak kelapa, kelapa, macam – macam minyak lemak hewan: kue – kue yang gurih, tarcis, cake, dsb.

Sayuran

Semua macam sayuran, sebagian dalam keadaan mentah.

Buah                         Buahan

Semua buah-buahan kecuali yang berkalori tinggi seperti durian.

 Nah, udah pada faham belum nih gan? Kalo agan agan semua masih belum faham ya monggo artikel ini kalian baca berulang-ulang sampai anda bener-bener faham #dan moga ga jereng ye#😆

Happy Diet Time buddy🙂

NB : kalo kalian bener bener bisa kurus dengan artikel ini jangan lupa lho kirimin foto before & after kalian😀 biar bisa aku bikin testimoni buat para pembaca lain😉

Tinggalkan Kicauan anda disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s