Pasuruan (my City)

Hai guys.. Nih aku mau crita2 dikit tentang kota kelahiran aku.. Yap, aku lahir di kota kecil bernama Pasuruan. Kota ni the best deh, ga ada macet, ga da bising kendaraan & klakson😀 Nih biar lebih tau soal Pasuruan, lanjutin geh bacanya guys.

Kota Pasuruan, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 75 km sebelah tenggara Kota Surabaya, Kota Pasuruan berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Pasuruan di sebelah timur, selatan, dan tengah. Kota Pasuruan terdiri dari 3 kecamatan dengan 34 kelurahan. Terletak antara 112045’ 112055’ Bujur Timur dan 70 35’ – 70 45’ Lintang Selatan, merupakan wilayah dataran rendah dengan ketinggian rata – rata 4 m diatas permukaan air laut dengan kondisi permukaan tanah agak miring ke Timur dan Utara antara 0 – 3%. Sebelah Utara berbatasan denga Selat Madura, sebelah Timur berbatasan dengan Kecmatan Rejoso Kota Pasuruan, sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kraton dan sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pohjentrek Kota Pasuruan.

Sejarah Kota Pasuruan.

Tahun 1671 – 1686
Pasuruan dibawah pemerintahan Bupati Onggo Djojo yang berasal dari keturunan Kyai Brondong, yang kemudian mendapatkan perlawanan dari Untung Suropati, sehingga melarikan diri ke Kota Surabaya.

Tahun 1686 – 1706
Pasuruan dibawah pemerintahan Djoko Untung Suropati dengan gelar Adipati Wironegoro. Tahun 1706 akhir kekuasaannya menghadapi perang melawan VOC di Baging dan beliau mengalami luka berat hingga meninggal, sampai saat ini makamnya tidak diketahui tempatnya, namun bias diketahui adanya petilasan berupa gua sebagai tempat persembunyiannya sewaktu dikejar tentara VOC di pedukuhan mancilan Desa Pohjentrek Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan.

Tahun 1706 – 1743
Putera Djoko Untung Suropati yang bernama Rahmat menggantikan kedudukan ayahnya dan meneruskan perjuangannya sampai gugur dalam pertempuran melawan VOC .

Tahun 1743
Darmoyudo IV bernama Wongso Negoro Niti Negoro sebagai pengganti Rahmat, sejak itu VOC dapat menguasai pantai utara pulau Jawa termasuk Pasuruan.
VOC menganggap Kota PAsuruan sebagai Kota Bandar karena keberadaan pelabuhannya untuk sarana transportasi perdagangan, akhirnya Belanda mengadakan kegiatan perekomonian dengan mendirikan pabrik gula disekitar Pasuruan.

Bukti lain menyebutkan bahwa sejarah Kota Pasuruan dianggap penting oleh Ahli Belanda dengan dibentuknya Staatgementee Van Pasuruan pada Juli 1916 dan ditetapkannya sebagai Pelabuhan Pasuruan sejak tahun 1926 stbl.1926 Nomor 521 dengan perubahan Stbl 1926 nomor 426.
Tanggal 14 Agustus 1950 menjadi daerah Otonom yang terdiri dari 19 Desa dalam 1 Kecamatan
Tanggal 21 Desember 1982 Kotamadya Pasuruan diperluas menjadi 3 Kecamatan dengan 19 Kelurahan dan 15 Desa.

Nah itu tuh sejarah kota aku🙂 Eits, meskipun kecil, kota ini punya beberapa hal-hal menarik lho, dari gedung-gedung tua, makanan khas, GOR & Stadion yang baru direnov (jadi makin ciamix gan).

Ni guys, aku kasih beberapa gambar2 beberapa bangunan2 di pasuruan.

ni Pabrik Karton guys, dulu emang dipakai untuk membuat memproduksi karton oleh masyarakat kota Pasuruan, tapi sekarang pabrik ini dipakai sebagai gudang tembakau oleh PT. Sampoerna.ini yang namanya Masjid Jami’ atau Masjid agung. Masjid ini ga cuma buat ibadah aja gan, tapi juga masuk dalam wisata ziarah. Coz dimasjid inipula da makam KH. Abd. Hamid gan, jadi banyak yang ziarah kesini. jangan salah lho yang ziarah dari luar kota & luar pulau. Ajiib🙂

Ni Alun2 kotaku.. Hehe, tapi maap yakk, ni motretnya dari dalem, jadi kelihat tugunya doank😀 hehe.. Suasana di alun2 ini bagus banget gan, cuman ada yang kurang nih, coz di alun2 ga dikasih gazebo men, jadi susah juga kalo mau dipake tempat istirahat. But, its okay..

Ni gan tempat arek2 pasuruan biasa maen bola atau sekadar jogging disiang hari buat ngecilin perut😀 hehehe.. Wah, ni uda di renov gan, jadi ciamix gini. Kalo dulu mah ga bisa dicritain dah muka stadion ini. Ni ada beberapa jepret’an daleman stadion ini

Parking lot jadi makin adem gan di Stadion Unsur🙂Tribunnya juga makin ciamix kan gan?😀Tuu, rumputnya aja mirip rumput sintetis saking bagusnya guys😀 hehehe… Gud Job dah Pemerintahnya🙂

Ada juga Gelanggang Olah Raga (GOR). Sejak berdirinya GOR ini banyak kalangan muda yang berkumpul disini untuk sekadar gowes atau jogging bareng. Cuman ada kekurangannya sih, ada beberapa anak muda yang menggunakan GOR sebagai tempat kumpul buat anak2 balap liar tiap malem😦 huhuhu.. PERLU DITERTIBKAN TUH !!

Ni ada juga (banyak) rumah2 peningglaan jaman Londo, cuman yah gitu, banyak yang ga terawat😦 Padahal, kalo dirawat bisa2 jadi “Kota Tua” yang mirip di jakarta situ😀 hehehe.. Tapi suer, sbenernya ada yang terawat sih tapi cuman beberapa aja. Maap yah guys, ga smua rumah tua bisa aku poto’in😀 hehe..

Makanan Khas kota aku ntu banyak lho, coba kapan2 mampir kesini, aku anterin wisata kuliner dah😀 hehehe.. Di kota Pasuruan terdapat beragam makanan khas seperti rawon, onde-onde, nasi gudeg dan nasi kuning, ting-ting jahe, berbagai macam bakso, keripik pisang, buah durian, bipang Jangkar, roti Matahari, dan keripik singkong. Makanan di kota Pasuruan banyak digemari orang. Makanan khas kota Pandaan rasanya sangat identik dengan makanan tradisional dan juga kupang kraton khas kota Pasuruan.

Oia guys, kalo pengen blanja mah gampang disini, bisa jalan2 aja langsung ke pusat perbelanjaan di sepanjang Jl. Niaga, ada Mall, ada giant, dan pertokoan, atau juga bisa pergi ke Carrefour di Jl. Soekarno-Hatta.

Pasuruan, kota agama, juga bisa shopping, wisata kuliner & banyak banget kebudayaan yang bisa dipelajari disini.

 

Info lebih lengkap soal pasuruan, bisa dilihat langsung ke Mbah Wiki atau di www.pasuruan.go.id. Ok guy, see you later ^^

Tinggalkan Kicauan anda disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s