Kenapa Selalu Dikaitkan dengan Angka?

Yap, kenapa yah selama kita hidup selalu dikaitkan dengan angka, peringkat, materi, nilai akademik/IP, kuliah dimana, sekolah dimana, dll yang berhubungan dengan keduniawian? #beuh… -.-“#. Tapi gimana dengan aspek moralnya? Budaya? Estetika? Agama? Sopan santun? Kemana itu semua, kok gak kalian tanyakan? Hmm, ini yang bikin sifat kepo akut aku ga bakal sembuh-sembuh. Aku heran yah sama banyak orang didunia ini kalo ketemu dengan teman atau relasinya pasti tanya soal pendidikan anak, pekerjaan, gimana nilai rapor/IP anak, tempat tinggal (yang secara ga langsung rumah mencerminkan isi dompet kalian). Emang penting yah itu-itu semua? Emang harus bibit & bobot doang yang kalian cari? Emang hanya duniawi yang kalian cari? Apa hanya nilai-nilai semu di rapor yang kalian lihat? Tapi gimana dengan bagaimana tingkah polahnya? Gimana sopan santunnya? Gimana keagamannya? Gimana moralnya? Apa itu ga penting?

Kalo menurut aku pribadi sih, nilai agama, ilmu dan seni adalah hal yang paling utama buat kita hidup ini. Ketiga karakter ini ga bisa dipisahkan, karena kalo dipisahkan akan menjadi seseorang dengan nilai dominan didirinya yang nantinya seseorang tersebut tidak akan bisa menemukan keseimbangan dalam hidupnya. Mengapa ketiga karakter ini tak bisa terpisahkan? Karena tiga karakter inilah yang bisa membentuk manusia yang lebih baik. mari lihat penjelasan aku berikut ini :

  1. Nilai Agama. Dengan beragama, kita diajarkan nilai-nilai tentang ketuhanan serta diajarkan pula nilai-nilai moral kepada semua mahluk hidupNya. Agama bila tak diiringi oleh ilmu akan menghasilkan suatu aliran keagamaan yang sangat fanatik yang menghalalkan kekerasan dalam mewujudkan agamanya.
  2. Nilai Ilmu. Dengan ilmu kita dapat menjadi manusia dengan lebih baik lagi, kita bisa menciptakan penemuan-penemuan yang mempermudah kegiatan umat manusia. Namun bila tanpa didasari dengan agama, ilmu akan menjadi sangat absurd & bila ilmu tidak didampingi oleh nilai seni maka ilmu tersebut tak akan bisa laris diterima masyarakat.
  3. Nilai Seni. Yap, dengan seni akan membuat hidup kita semakin indah dengan segala perpaduan warna dan nada yang kita dengar dimuka bumi ini. Namun kalo seni tak didasari oleh agama, maka seni akan menyimpang dari nilai seni yang sesungguhnya (contoh : pornografi, dll). Dan kalo seni tak didasari oleh ilmu maka seni itu tidak akan pernah berkembang menjadi bentuk seni yang lainnya.

Jadi apakah kalian ini sudah mengerti mengapa ketiga aspek pembentuk ini sangat erat hubungannya dan tidak bisa terpisahkan? Semoga dengan artikel post ini kalian semua para bloggers bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi #amiin..#. See ya then guys :)